Pages

Wednesday, August 10, 2016

BALITBANG PUPR : Hadirkan Solusi Seiring Inovasi Inovasi Infrastruktur Masa Depan



Indonesia adalah  negara yang luas, memiliki lautan dan  ribuan pulau yang tersebar didaratan.
Dimata dunia, negara Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan manusia, dari Sabang sampai dengan Merauke.  Namun tidak bisa dipungkiri bahwa potensi daerah – daerah di Indonesia belum  semua dapat digali secara maksimal.

 Pengertiaon Potensi daerah adalah segala kemampuan dan kekayaan yang ada pada satu daerah yang dapat dikembangkan.  Agar kesejahteraan dan kemakmuran penduduk disuatu daerah meningkat, maka  pengembangan potensi daerah adalah hal yang penting. Karena kemajuan penduduk di suatu daerah akan berbanding lurus terhadap kemajuan negara Indonesia pada umumnya.

Untuk itulah Pusat Penelitian dan Pengembangan hadir dan memegang peranan penting dalam mengembangkan inovasi – inovasi  infrastruktur demi menggali potensi yang ada pada daerah –daerah di Indonesia.  Dalam perannya sebagai tulang punggung teknik pembangunan di  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi di 4 bidang yang ada pada Balitbang yakni Sumber daya Air, Jalan dan Jembatan, Perumahan, Pemukiman dan Puslitbang Kajian dan Penerapan Teknologi.


Pencapaian Inovasi – inovasi infratruktur  oleh Balitbang telah banyak dihasilkan mulai dari skala kecil sampai dengan skala besar.


          
sebagai contoh yang sedang hangat dibicarakan adalah Pembangunan jalan layang (Flyover) Antapani di Kota Bandung. Dengan tujuan mengurangi kemacetan, flyover ini dibangun dengan teknologi struktur  baja bergelombang yang waktu pembangunannya lebih cepat dibandingkan dengan struktur beton bertulang dan  berhasil memangkas anggaran dari 100 Miliar menjadi hanya 33.5 Miliar saja.  

Begitu juga dengan sejumlah proyek tol di Sumatera, seperti tol trans Sumatera di Sumatera Selatan dan pembangunan  jalan tol di Sumatera Utara sangat membantu percepatan usaha mencapai suatu daerah dengan terbangunnya moda transportasi  yang aman dan cepat untuk menjangkau daerah tersebut.


 Disamping pembangunan jalan dan jembatan layang, serta data base jalan terintegrasi, inovasi juga terus dilakukan  untuk teknologi  pembangunan saluran air minum, saluran air limbah, saluran air hujan, pembuangan sampah dan jaringan listrik. Produk inovatif  yang sudah dihasilkan seperti teknologi Modular untuk perumahan dan pengelolaan sumber daya air, flood early warning system, sumur resapan, ruang henti khusus dan  banyak lagi inovasi yang tercipta di ‘dapur’ Puslitbang.

 Dengan menghadirkan solusi seiring inovasi inovasi di bidang infrastruktur  masa depan apabila  dapat diterapkan pada semua daerah di Indonesia, tentu saja tujuan utama dari pengembangan potensi suatu daerah dapat tercapai.

  Disamping inovasi teknologi, Balitbang Kementerian PUPR  juga sudah menghasilkan Inovasi  produk berupa standarisasi dan norma sejumlah   1.069 dokumen yang terdiri dari Standar Nasional Indonesia (SNI) sebanyak 753 dokumen, pedoman teknis sebanyak 252 dokumen dan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) sebanyak 64 dokumen.

Untuk itu, hasil pencapaian dari Balitbang PU ini patut diapresiasi oleh Pemerintah dan masyarakat pada umumnya dengan mensosialisasikan, terutama menerapkan teknologi  inovasi yang sudah susah payah dihasilkan sehingga tujuan dari penemuan teknologi  tersebut dapat berdaya guna.

Semoga kedepannya Balitbang dan Kementerian PUPR semakin erat bahu membahu didalam pembangunan Infrastruktur  Negara yang kita cintai, Indonesia.


 *****

* Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Balitbang PUPR
* Sumber referensi dari website litbang.pu.go.id





0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll